Uncategorized

Kebijakan Menanggulangi Kredit Macet di Masa Pandemi

Sudah hampir setahun seluruh masyarakat di dunia berjuang untuk melawan virus corona yang kini mengancam keberlangsungan hidup manusia. Setiap harinya kasus positif corona tidak mengalami pengurangan yang signifikan karena bertambah terus dari waktu ke waktu. Begitu banyak kebijakan pemerintah untuk menanggulangi peristiwa ini salah satunya yaitu kebijakan untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah untuk mencegah penyebaran. Akan tetapi pada kenyataannya kebijakan tersebut belum mampu untuk menghentikan dampak yang berkesinambungan di berbagai sektor karena covid.

Kerugian yang terjadi dikarenakan dampak corona ini juga mampu membuat banyak perusahaan yang mengambil kebijakan merumahkan para karyawan karena tidak sanggup menanggung beban operasional dan non operasional. Kebijakan-kebijakan yang tercipta dikarenakan pembatasan aktivitas di luar rumah untuk mencegah penyebaran corona virus membuat penurunan pendapatan dan jual beli masyarakat. Hal itu juga mengakibatkan proses kredit terganggu sehingga banyak sekali kredit macet. Untuk menanggulanginya pemerintah dan lembaga keuangan mengacu Dampak Penyebaran COVID-19 bagi Lembaga Jasa Keuangan Nonbank.

Pada kebijakan tersebut ojk memberikan relaksasi restrukturisasi kredit, memberikan ruang likuiditas yang memadai untuk kebutuhan perbankan, memberikan relaksasi dalam membentuk tambahan cadangan kerugian kredit macet akibat COVID-19, dan melakukan resolusi pengawasan industri jasa keuangan yang lebih efektif dan cepat melalui Cease and Desist Order dan Supervisory actions/resolutions lainnya. Beberapa kebijakan tersebut dibentuk untuk meringankan beban pihak kreditur dan debitur untuk menjaga kepercayaan para investor sehingga stabilitas keuangan dapat dijaga dalam keadaan seharusnya. Hal tersebut juga mampu menjadi solusi terbaik untuk menanggulangi kredit macet.

Beberapa masyarakat yang memiliki hutang ke beberapa lembaga keuangan tentunya senang mendengar kebijakan-kebijakan ini. Apalagi bagi anda yang masih kredit kendaraan bermotor dengan dp mobil murah ini adalah kabar baik. Dp mobil murah yang anda setujui tentunya merupakan hal yang bisa anda sesali di masa pandemi seperti ini. Selain itu juga bagi anda yang memiliki pinjaman biaya renovasi rumah ini juga adalah kabar baik untuk anda apalagi saat keadaan sulit seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *