Uncategorized

Langkah-Langkah Mencuci Botol Susu Dengan Baik

Menjaga kebersihan seluruh peralatan si kecil adalah hal terpenting yang harus dilakukan karena takut hal tersebut menjadi sumber penyakit. Dalam menjaga kebersihan bunda harus secara berkala membersihkan peralatan-peralatan yang digunakan si kecil. Peralatan-peralatan yang selalu digunakan si kecil mungkin saja terjatuh tanpa bunda tahu disembarang tempat dan akhirnya menjadi tempat perkembang kuman. Hal itu tentunya sangat berbahaya bagi si kecil apalagi di masa pandemi seperti ini.

Salah satu barang yang selalu digunakan oleh si kecil yaitu botol susu. Setelah penggunaannya botol susu harus segera dibersihkan agar tidak menjadi sarang kuman atau bakteri. Saat membersihkan, bunda tentunya merasa sudah membersihkannya dengan baik akan tetapi ternyata ada beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan agar botol susu bersih dengan baik. Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan pada saat mencuci botol susu:

  1. Menggunakan air mengalir

Membersihkan botol susu harus menggunakan air mengalir dari pada hanya dengan direndam. Dengan merendam kotoran yang sudah dibersihkan berkemungkinan masuk kembali kedalam botol dan proses pembersihan tidak efektif. Kotoran yang tidak dibersihkan dengan baik bisa saja masuk kedalam tubuh si kecil dan menyebakan si kecil sakit. Hal tersebut bisa menyebabkan perut bayi kembung dan muntah yang menunjukkan jika si kecil sakit. Perut bayi kembung membuat si kecil tidak nyaman dan akan menjadi rewel seharian.

  1. Menggunakan Air Panas

Setelah dicuci dengan sabun cuci botol bayi yang aman bunda dapat juga membilas dengan menggunakan air panas. Akan tetapi sebelumnya dipastikan bahwa sabun cuci botol bayi tersebut terpercaya aman untuk digunakan. Mencuci menggunakan air panas membantu untuk mematikan bakteri yang mungkin saja masih tertinggal di botol susu. Akan tetapi bunda harus memastikan bahwa bahan botol susu si kecil memang bisa dicuci dengan air panas ya karena jika tidak pada penggunaan air panas mampu melepas kandungan BpA yang berbahaya bagi si kecil.

  1. Melakukan proses sterilisasi

Selain dibilas dengan air panas proses sterilisasi lainnya dapat dilakukan oleh bunda untuk menghindari bakteri dan kuman. Proses sterilisasi selain menggunakan air panas juga dapat dengan uap air panas atau menggunakan alat sterilisasi botol khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *