Uncategorized

Untuk Milenial, Tahukah Perbedaan Deposito Dengan Tabungan?

Sekarang ini banyak milenial atau anak-anak muda yang peduli dengan keuangan sehingga sudah kenal dengan yang namanya menabung dan investasi. Menabung itu penting tapi jangan lupakan juga investasi. Untuk anak muda yang sedang coba-coba untuk berinvestasi maka bisa memulai dengan risiko yang kecil atau rendah, biasa disebut dengan deposito. Tapi banyak yang bertanya-tanya deposito adalah salah satu produk di bank, lalu apa bedanya dengan tabungan? ini penjelasan selengkapnya tentang perbedaan deposito dan tabungan yang setiap milenial harus tahu.

Perbedaan Deposito Dengan Tabungan

Proses Pengambilan Uang

Cara pengambilan uang yang ada di deposito dan tabungan tentu berbeda. Untuk mengambil uang di tabungan itu sangat mudah dan bisa dilakukan setiap waktu. Ditambah pada tabungan harus ada minimal saldo sehingga saat ingin buka rekening baru harus membayar beberapa ratus ribu sesuai ketentuan di bank.

Jika pada tabungan bisa ambil uang dengan mudah, beda halnya pada deposito. Uang bisa diambil setelah masuk masa jatuh tempo yang berbeda-beda setiap bank berkisar mulai dari 3 bulan hingga 24 bulan. Perlu dicatat jika ingin mengambil uang sebelum jatuh tempo tiba, maka akan dikenakan penalti sesuai kesepakatan di awal dengan bank. Minimal deposit biasanya 10 juta dan uang yang tersimpan maksimal 2 miliar.

Tempat Pengambilan Uang

Keduanya memang produk bank, tetapi tempat untuk mengambil uang berbeda. Untuk deposito hanya bisa diambil pada bank tempat mendaftar dan tidak bisa diambil di bank sama area lain. Sedangkan tabungan bisa diambil di beberapa tempat bisa di bank secara langsung atau melalui ATM yang sudah tersedia di beberapa area bahkan sekarang ATM sudah ada di pusat perbelanjaan sehingga sebelum belanja bisa mengambil uang untuk membayar belanjaan. Itulah perbedaan keduanya dalam hal pengambilan uang.

Tujuan Penyimpanan Uang

Jika ada orang yang memilih membuka deposito dibanding tabungan, itu karena mempunyai tujuan yang berbeda. Deposito digunakan untuk jangka panjang misalkan untuk pendidikan yang ideal dimasukkan pada produk tersebut, itulah mengapa produk ini disebut dengan investasi. Sedangkan tabungan dipakai untuk keperluan setiap hari atau hal yang mendesak. Tak perlu khawatir karena penyimpanan uang dalam berbagai produk dipastikan aman di bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *